Jelang 93 Tahun Sumpah Pemuda, PKS Jakarta Utara Gelar Seminar Komunitas Anak Muda

Jakarta – Bidang Kepemudaan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta Utara menggelar seminar kepemudaan, di Kantor DPD PKS Jakarta Utara, Ahad (24/10/2021). Acara ini digelar dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2021 mendatang. Acara yang bertajuk “Sumpah Pemuda Dulu, Kini dan Nanti” itu terlaksana atas kolaborasi Garuda Keadilan, PKS Muda, dan sayap kepemudaan PKS Gema Keadilan Jakarta Utara.

Ketua DPD PKS Jakarta Utara Ahmad Mardono dalam sambutannya mengatakan, kalau para pemuda dalam suatu bangsa semangat maka bangsa itu akan bangkit dan jaya. Oleh karena itu, tambah Mardono, yang diharapkan oleh para pendahulu bangsa adalah para pemuda dapat melanjutkan estafeta kepemimpinan.

“Anak muda harus siap menjadi agent off change, yaitu agen-agen perubahan. Insya Allah lima sampai sepuluh tahun lagi, pemuda yang hadir di sini adalah orang-orang yang siap transfer generasi,” ujar Ketua Dewan Pembina DPD Gema Keadilan Jakarta Utara itu.

Sementara itu, Ketua Kepemudaan DPD PKS Jakarta Utara, Kalim Shiddiqi mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda adalah merupakan refleksi sejarah sekaligus mengingatkan anak-anak muda bahwa pemuda Indonesia memiliki peran besar dalam perubahan bagi bangsa Indonesia. Dan kunci terpenting dari itu semua, tambah Kalim, adalah kolaborasi yang dilakukan para pemuda.

“Karena itu kami mengundang teman-teman dari komunitas untuk berkolaborasi ke depan. Dan kami di PKS berkomitmen bahwa anak-anak muda itu tidak boleh hanya sekedar dijadikan objek politik, tetapi kami ingin anak-anak muda sebagai subjek, sebagai pelaku yang terlibat merumuskan kebijakan-kebijakan,” papar Wakil Ketua 2 DPW Gema Keadilan DKI Jakarta itu.

Sebagai pembicara diskusi hadir perwakilan komunitas pemuda yang ada di Jakarta Utara. Yaitu, Solidaritas Anak Priok (SAP), Komunitas Nelayan Muda Kalibaru, Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Jakarta Utara dan Komunitas Data Bangalore. Selain itu, juga hadir sebagai Keynote Speaker Anggota DPRRI dari Fraksi PKS Komjen. Pol. (Purn) Adang Daradjatun, dan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gema Keadilan DKI Jakarta Ahmad Rachmawan.