Selamat Datang Di Website Resmi Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Jakarta Utara - والحق منصور وممتحنٌ فلا تعجب فهذي سنة الرحمن - Kebenaran akan DITOLONG dan juga DIBERI UJIAN. - AR RAHMAN - Ibnul Qoyyim

Jumat, 18 November 2011

PKS Siapkan 10 Ribu Relawan Antisipasi Bencana Alam

Jakarta - Wilayah Indonesia yang dikenal sebagai kawasan cincin api (ring of fire) dan juga posisinya sebagai negara kepulauan dikenal sebagai kawasan rawan bencana. Bencana di negeri ini seakan tidak pernah berhenti. Gempa akibat pergerakkan lempeng bumi, banjir, longsor hingga tsunami kerap memporakporandakan daratan Indonesia.Sikap waspada bencana pun menjadi keniscayaan bagi bangsa ini. Sayangnya, pemerintah acapkali lamban mengantisipasi ataupun melakukan mitigasi bencana alam. Pemerintah kalah sigap dengan berbagai lembaga relawan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

"Menghadapi kemungkinan banjir di berbagai daerah pada musim hujan saat ini, jajaran Relindo (Relawan Indonesia) sudah siap terjun mengatasinya. Di seuruh Indonesia tidak kurang dari 10 ribu relawan yang siap digerakkan sewaktu-waktu untuk mitigasi," ujar Koordinator Pusat Relindo, Cahya Jailani di Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Cahya mengatakan, sejak dideklarasikan 9 April 2011 lalu, seluruh anggota Relindo se-Nusantara telah siap siaga melakukan advokasi, mitigasi bencana, dan mempersiapkan bantuan logistik. Relindo telah terbentuk juga di setiap provinsi.

Untuk memperkokoh aktifitasnya, Cahya mengatakan, Relindo telah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Basarnas.

Relawan Indonesia adalah wajah baru dari P2B (Pos Penanggulangan Bencana) PKS yang selama ini  berpartisipasi aktif dalam penanganan bencana di tanah air.

Relawan Indonesia (P2B sebelumnya,red) terbukti telah berpartisipasi aktif dalam tugas-tugas kemanusiaan pada bencana banjir besar di Jakarta tahun 2001, Tsunami Aceh 2004, Gempa Jogya, Gunung Merapi, Mentawai, Wasior dan daerah bencana lainnya.

“Semoga kedepan dengan dukungan masyarakat dan kerjasama dengan lembaga relawan lainnya negara kita dapat mempersiapkan dan menangani bencana yang terjadi lebih baik lagi”, tandasnya.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites